Tips Memilih Jaket Gunung



Dalam melakukan kegitan pendakian jaket merupakan kebutuhan yang harus ada.Karena tanpa jaket kita akan sulit untuk menahan hawa dingin dan juga cuaca yang tidak menentu di pegunumgan.Tapi tidak sembarang jaket bisa kita gunakan saat mendaki,karena jaket akan mempengaruhi kenyamanan dan juga keselamatan saat mendaki.Jadi ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memilih jaket agar sesuai dengan kebutuhan kita.Ada beberapa tips dalam memilih jaket dan tentunya ini sangat mempengaruhi saat pendakian,di antaranya :

1. Perhatikan Kenyamanan Jaket.


Dalam memakai sesuatu faktor kenyamanan sangat di butuhkan,jadi pilihlah jaket yang sesuai dengan tubuh anda.Jangan memakai jaket yang terlalu ketat juga jangan terlalu longgar.Saat membeli jaket cobalah terlebih dahulu agar sesuai dengan badan.Usahakan dalam pemilihan jaket lengan dapat menutupi seluruh bagian dan juga angkat kedua tangan ke atas jika bagian tubuh tidak ada yang terlihat maka jaket itu bisa di pertimbangkan.

2. Sesuaikan dengan medan.

Pakailah jaket yang memiliki 2 lapis atau lebih jika kita akan mendaki gunung yang memiliki ketigian di atas 2000 mdpl.Karena jaket itu dapat menahan dingin dan juga embun agar tidak masuk ke dalam.Biasanya jaket ini berbahan polar di dalamnya dan bagian luar dari taslan.Karena jika salah dalam memilih jaket,maka jaket tidak berfungsi sempurna.

3. Bahan / kain jaket

Jaket gunung ada yang menyematkan polar di bagian dalamnya, sehingga akan lebih hangat ketika dipakai, namun akan terasa panas jika digunakan saat siang hari. Ada jaket gunung yang hanya menggunakan lapisan dalam berupa furing, biasanya jaket seperti ini memang digunakan untuk mengurangi panas di dalam jaket, bahan luarnya biasanya dibuat dari bahan polyester. Sekarang ini, banyak jaket yang menggunakan teknologi seperti goretex, sebuah teknologi yang membuat lapisan jaket anti air dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar.
Jaket dengan bahan polar bagian dalamnya sangat tidak direkomendasikan dipakai saat musim hujan, karena ketika terkena air hujan, maka akan memakan waktu lama untuk kering. Biasanya saya membawa dua jaket saat pendakian, yang satu berbahan polar saya masukan ke dalam tas carrier dan hanya saya pakai saat akan tidur, satunya berbahan polyester untuk saya pakai ketika berjalan karena memang tidak membuat panas terperangkap di dalam jaket, namun tetap bisa melindungi saya dari hujan dan angin gunung.

4. Perhatikan datail atau aksesoris jaket

Datail jaket ini pun sangat penting untuk di perhatikan,misalnya saja kantong pada jaket.Pilihlah jaket yang tidak banyak memiliki kantong karena jika terlalu banyak kantong pada jaket juga tidak terlalu efektif.Misalkan saja kantong pada kedua sisi jaket selain untuk menyimpan barang-barang yang kecil juga bisa di gunakan untuk menghangatkan telapak tangan lain halnya kantong yang ada di lengan mmungkin tidak begitu berfungsi dan juga dapat membuat angin dan air menembus lewat celah-celah kantong itu.Juga carilah jaket yang memiliki pelindung pada resleting,karena jika tidak ada pelindung pada resletingnya di khawatirkan angin dan air lebih mudah untuk menembusnya.Satu hal lagi penutup kepala juga harus ada pada jaket agar dapat melingdungi kepala dan juga telinga dari angin dan hujan.

5. Perhatikan Resleting pada jaket.

Usahakan jaket yang akan kita beli memiliki resleting yang mudah untuk di buka dan di tutup.Pada umumnya jaket memiliki satu resleting tapi ada juga jaket yang memiliki double resleting untuk memperkuat ketahanan jaket.Jika memang ada carilah jaket yang memakai resleting merk YKK karena merk ini sudah terbukti kekuatannya.Dan jika perlu lihatlah bagian ketiak jaket apakah ada resletingnya(pitt zip) ini berfungsi untuk ventilasi udara.

6. Carilah merk jaket yang sudah terpercaya.

Saat ini banyak merk jaket yang beredar di pasaran,jadi menurut saya sebelum membeli jaket carilah referensi terlebih dahulu agar kita tidak tertipu.Banyak merk jaket untuk outdoor baik impor maupun lokal yang memiliki kuwalitas yang bagus.untuk merk impor misalkan saja Timberland,Heads dan lain sebagainya.Sedangkan merk lokal misalkan saja Rei,Eiger,Consina dll yang memiliki kuwalitas tidak kalah bagus dari produk impor dan memiliki harga yang lebih miring.

7. Perhatikan warna jaket.

Walau sekedar warna tapi ini sangat berpengaruh,karena jika salah dalam pemilihan warna akan mengurangi kenyamanan kita.Warna yang gelap mungkin tidak mudah terlihat kotor tapi akan menyerap sinar matahari saat melakukan tracking di siang hari dan juga tidak mudah terlihat di alam bebas.Jadi usahakan memilih jaket yang berwarna cerah misalkan saja orange selain tidak mudah menyerap sinar matahari juga mudah di lihat di alam bebas membuat kita mudah di kenali dan di bedakan dari keadaan alam sekitar.

8. Perawatan.

Hal ini sederhana tapi terkadang sering kita abaikan.Setelah membelinya, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala agar jaket tetap awet dan tidak mudah rusak. Simpan jaket tersebut ke dalam kantong kedap air. dan pastikan agar selalu tetap kering. Jika ingin melakukan pendakian, taruh jaket tersebut pada bagian tas yang mudah terjangkau sehingga mudah diambil ketika akan digunakan.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa kita jadikan referensi sebelum kita membeli jaket untuk keperluan outdoor.Jika ada yang perlu di tambahkan silahkan memberikan saran di kolom komentar yang tersedia.

Popular posts from this blog

Keindahan Alam Di Balik Sebuah Mitos di Masyarakat

Sekilas Tentang Gunung Lawu

Air Terjun SeloResi Destinasi Baru Yang Harus Kita Kunjungi