Menjadi Traveler yang Baik



Tidak di pungkiri saat ini bahwa banyak tempat-tempat wisata yang banyak bermunculan. Entah itu tempat tempat buatan seperti waterboom, waduk buatan dll, dan ada juga tempat wisata yang memang asli dari alam. Misalkan saja bukit bukit yang dulunya tidak menarik untuk di kunjungi kini di sulap menjadi tempat yang menarik dan tentunya dapat mengundang para traveler untuk mengunjunginya juga air terjun yang indah. Di tambah dengan pesatnya teknologi membuat kita tidak lagi susah untuk mengabadikan moment-moment yang indah bersama keluarga dan teman teman kita. Memang dengan munculnya tempat tempat  wisata itu tidak hanya menguntungkan bagi kita yang senang berpetualang dan juga bagi kita yang menginginkan wisata yang murah,karena rata rata tempat tempat itu belum di kelola oleh pemerintah daerah tapi hanya di kelola oleh warga sekitar sehingga banyak tempat yang tidak ada retribusi karcis masuknya,mungkin hanya sekedar biaya parkir yang di kelola oleh pemuda sekitar. Selain itu juga memberikan penghasilan bagi warga sekitar yang menjajakan makanan dan minuman di tempat itu. Sehingga dengan adanya tempat tempat seperti itu,juga akan berpengaruh pada pengangguran dan juga bisa meningkatkan pendapatan warga sekitar.
Tetapi terkadang banyak oknum oknum yang kurang bertanggung jawab hingga akhirnya akan membuat tempat yang di bangun dengan susah payah untuk kita nikmati menjadi tidak indah lagi bahkan terkesan kumuh. Misalkan saja, mencorat coret bangunan  atau bebatuan yang di tempat itu, merusak tanaman yang ada,sehingga tempat yang tadinya bensih menjadi kotor dan tanaman yang harusnya kita jaga kelestariannya menjadi mati. Dan yang paling sering dan pasti selalu kita jumpai adalah kurangnya kesadaran kita untuk menjaga kebersihan. Sampah sampah yang harusnya dibuang di tempatnya di buang di sembarang tempat hingga berserakan di mana mana. Hal hal sepele seperti itulah yang membuat tempat yang tadinya indah dan nikmat untuk di pandang menjadi tidak nyaman lagi.
Karena itulah sebagai traveler yang baik harusnya kita tidak hanya mengunjungi dan menikmati tempat tempat itu tadi, tapi kita juga harus bisa menjaga dan merawatnya. Ada beberapa tips yang mungkin bisa lakukan agar tempat tempat itu tadi tetap menjadi tempat yang indah sehingga dikemudian hari akan terus di kunjungi oleh traveler yang lain. Atau kelak anak cucu kita tetap bisa  menikmati keindahannya. Untuk tips-tipsnya akan kita ulas di artikel berikutnya. Mungkin sedikit hal yang harus kita ingat sebagai seorang traveler adalah jangan sekali kali merusak apa yang ada di tempat itu dan jagalah selalu kebersihan tempat itu. Jadilah traveler yang tidak hanya bisa mengexplore tempat tempat yang menarik tapi juga jadilah traveler yang ikut menjaga kelestariannya. Maka jadilah traveler yang bijak.

Comments

Popular posts from this blog

Keindahan Alam Di Balik Sebuah Mitos di Masyarakat

Sekilas Tentang Gunung Lawu

Air Terjun SeloResi Destinasi Baru Yang Harus Kita Kunjungi